Dear All,

Saya mau tanya nih, mungkin ada yang punya pengalaman mengenai gigi susu
anak2.
Anak saya umurnya 2 tahun tapi giginya sudah mulai kelihatan keropos 1 dan
kelihatannya akan mengeroposi gigi lainnya.  Prosesnya cepat sekali, mula2
saya melihat giginya berwarna kekuning2an (±waktu umur 18 bln), lalu tiba2
agak mengecil dan meruncing seperti hilang / aus begitu saja.  Dia memang
sulit sekali sikat gigi tetapi saya tetap membiasakan dia sikat gigi pagi
dan malam (kadang2 hanya memakai waslap) sampai berontak dan nangis sekuat
tenaga.  Karena dia belum bisa kumur, dokternya menganjurkan sebaiknya
jangan diberi odol dulu biarpun odol itu boleh tertelan.

Selama ini saya tidak membiasakan makanan seperti coklat dan permen.  Jadi
kira2 apa ya penyebabnya, ada yang bilang apakah karena makanannya
kepanasan.  Memang dari kecil dia suka ngemut waktu makan tetapi setelah
selesai saya beri air putih yang banyak. Sulit makannya hanya kadang2 dan
sampai sekarang dia malas untuk mengunyah, jadi maunya langsung menelan
makanan, makanya sampai sekarang belum bisa makan nasi, hanya makan bubur.
Saya pikir ya ditelateninlah daripada dia ngga makan nanti kurus.

Lalu, apakah ada yang tau, bagaimana caranya mencegah sebelum pengeroposan
itu menyerang gigi lainnya ?
Mohon saran, terima kasih.