Mbak Shienny,
saya sih ngga' punya pengalaman sendiri mengenai gigi keropos, tapi tetangga
saya di sini anaknya mengalami hal tsb.
Anaknya laki umur 2 tahun harus operasi gigi susu karena busuk semua.
Awalnya ya karena malas sikat gigi. Memang sih dibilang sebelum anak 2 th
tidak perlu gosok gigi pakai odol, tapi bukan berarti ngga' perlu sikat gigi
kan? Ibunya sih memang mengaku ngga' pernah menggosok gigi anaknya, karena
anaknya sll berontak kalau mau sikat gigi. Dan juga setiap mau tidur masih
ngempeng sama ibunya. Ini juga merusak gigi, karena bagaimana pun sterilnya
ASI kan tetep aja mengandung gula.

Kalau saran saya sih, sebelum gigi yang lain ikut keropos, sebaiknya ya ke
dokter gigi ya Mbak. Jadi bisa dibersihkan, juga gigi yang lain. Gigi susu
memang bukan gigi seterusnya, krn akan tumbuh gigi seri yang baru yang akan
bertahan selamanya, tp kalau gigi susu ini jelek, akan mempengaruhi
pertumbuhan gigi seri yg baru.

Kalau pengalaman saya sendiri, keluarga saya memang punya gigi yang kurang
bagus, emailnya tipis, dan jenis gigi menurun lho... Makanya saya ngga' mau
anak saya giginya jelek/ gampang keropos kya' kita. Jadi saya sll sikat gigi
anak saya at least 2 x sehari. Kebetulan di sini ada tuh pembersih gigi
(bukan odol) yang khusus bisa dipakai u/ bayi, namanya Baby Orajel tooth and
gum cleanser. Skr Gerber juga mengeluarkan produk yg sama. Saya ngga' tau
apakah produk tsb sudah masuk ke Indonesia, kalau ada... bagus sekali sih
dicoba. Trus kalau anak Mbak udah 2 tahun, ya ngga' ada salahnya mulai
disikat gigi pakai odol anak-anak. Pakai odolnya sedikit saja (krn katanya
belum bisa kumur dan melepeh).

Trus u/ selanjutnya, kalau bisa dalam makanannya kandungan calcium, phosphor
dan fluoride diperhatikan Mbak. Ini membantu dari dalam, menguatkan gigi dan
mencegah pengeroposan.

O iya satu lagi, krn si kecil susah u/ diajak gosok gigi, musti diakalin
nih! Kalau saya triknya, saya kasih anak saya sikat gigi sendiri biar bisa
dipegang, dan digigit-gigit (bukannya nyikat... dasar anak kecil!), trus
sambil saya pegang sikat gigi lain, saya bisa sikat giginya. Memang sih anak
kecil ngga' bisa dipaksain buka mulut, musti dirangsang dg mainan atau
apalah shg dia mau buka mulut dg sukarela. Pemaksaan u/ buka mulut malah
bikin anak tambah takut dg kata "gosok gigi". Anak saya skr sudah mengerti
artinya gosok gigi dan dg senang hati dia mau giginya dibersihkan. Biar
"sugar bug"-nya mati, kata saya. :-)

Ya, mudah-mudahan sharing saya ini bisa membantu ya Mbak...
Selamat menggosok gigi si Kecil!

regards,
Quinike