Pak Tony,

adik saya punya pengalaman dengan baby walker untuk 2 balitanya, anak
pertamanya yang dikenalkan dengan baby walker pada usia 7-8 bulan ternyata
lebih mudah jatuh waktu sudah bisa berjalan tanpa bantuan baby walker,
jalannya jinjit (pakai ujung jari) dan suka menabrak meja atau kursi waktu
berjalan, seolah olah dia tidak kenal takut, jadi badannya sering biru lebam
karena terbentur. Mungkin karena waktu dia belajar berjalan dengan bantuan
baby walker terbiasa tidak hati hati karena merasa aman untuk pergi
kemanapun.
Berbeda dengan adiknya (mereka hanya beda 1 tahun) yang tidak diperkenalkan
dengan baby walker, ternyata lebih cepat bisa jalan (kurang dari 1 tahun)
dan sangat berhati hati, artinya tidak mudah jatuh atau menabrak meja kursi
dan anak terlatih mengetahui keterbatasan tubuh. Kalau tau didepannya ada
meja atau kursi si adik sangat pandai menghindar supaya tidak terbentur.
Pengalaman adik saya coba terapkan pada balita saya yang nomer 2 (sekarang 9
bulan) yang tidak saya kenalkan dengan baby walker, mungkin hasilnya baru
bisa saya ketahui 3-4 bulan lagi kalau si kecil sudah bisa berjalan.

Sekian semoga pengalaman ini berguna.