Dear bundanya Salmadita,
Dari banyak dokter dan berbagai seminar memang tidak menyarankan
untuk menggunakan baby walker, tapi dari pengalaman saya dalam mem-
besarkan anak, konsep penggunaan baby walker bukan untuk menjadi-
kan anak pandai berjalan dari sisi fisik tapi lebih pada psikis, artinya
dari melihat pengalaman anak yang lain umumnya mereka baru bisa ber-
jjalan pada usia lebih dari 12 bulan, tapi percaya atau tidak anak saya
mulai berdiri pada usia 7 bulan dan bisa berjalan lancar pada usia 9
bulan, hal tersebut harus memenuhi aturan yang ketat dari DSA, antara
lain anak baru boleh diajarkan berdiri atau berjalan bila dia sudah mampu
untuk duduk dengan tegak dan berusaha untuk berdiri, artinya pemben-
tukan tulang belakang sudah kuat untuk menopang berat tubuhnya,
nah fungsi baby walker disini hanya untuk mempertinggi rasa percaya diri
dalam belajar berjalan, karena banyak anak yang menjadi takut untuk
belajar jalan setelah mengalami jatuh pada kesempatan pertama dia
berusaha untuk berjalan di lantai. Dengan menggunakan baby walker
anak akan lebih dimotivasi untuk bisa berjalan tanpa rasa khawatir bila
jatuh dan dengan syarat HARUS SELALU DIAWASI. hal tersebut tidak
berjalan lama, cuma sekitar 1 bulan, dan anak saya sudah mahir ber-
jalan dengan mempertahankan keseimbangan tubuhnya.
Yang harus diperhatikan adalah harus ekstra berhati-hati
bila menggunakan baby walker, hindari benda-benda
pecah belah atau kompor dan dispenser (terutama matikan
yang panas !), jauhkan dari tangga dan tutup akses menuju jalan
umum. Demikian sedikit pengalaman saya, semoga bermanfaat.

     Dear netters,

     Anak saya 9bln sudah mulai belajar jalan tapi saya ragu memberikan
     baby walker krn takut ada efek dg kakinya.
     Mungkin ada pengalaman dari temen2 netters yg pernah menggunakan baby
     walker ini ??

     Terimakasih,
     Bundanya Salmadita.