Pak Basuki, saya bisa pastikan kalau pantat kemerahan kena air akan pedih.
Karena kita saja yang sudah tua kalau terlalu sering buang air besar
(menceret) terasa perih apalagi baby.

Cara membersihkan sudah benar, tetapi barangkali bapak lupa melapnya hingga
kering betul dengan kain/handuk yang halus (sejenis kain planel).

Kalau saya setiap dicebokin saya lap kering sudah itu saya sapuhkan bedak.
Tetapi maaf mengenai bedak ini ada setuju dan tidak.

Bagaimana kalau air cebokan terakhir dicampur betadin sedikit, baru dipakai
membasuh.  Barangkali ini bisa membantu.  Dan kemerah-merahan bisa juga
timbul, jika popok sudah terlalu basah baru diganti.

Ingat tidak selamanya pakaian yang kita cuci sudah betul-betul bebas dari
air sabun.  Dan ini juga bisa mengakibatkan kemerahan.

Untuk merawat baby/anak-anak memang diperlukan betul extra kesabaran.
Karena biasanya baru dicebokin, eh pipis lagi.  Baru dibersihin eh beol
lagi.  Begitulah suka dukanya merawat anak, jadi hilangkan kata "ah kasihan
popoknya baru diganti".  Untuk mengantisipasi musim hujan, sediakan lampu
petromak dan kurungan ayam (baru).  Letakkan lampu dalam kurungan ayam, dan
lampirkan popok basah selebar-lebarnya pada kurungan, ini akan membuat popok
cepat kering.  Sebaiknya kurungan dibiarkan dulu panas dengan lampu petromak
sehari, agar kutu-kutu yang ada pada kurungan pada mati, baru kita
pergunakan.

Wassalam,