Assalaamu'alaykum wr. wb
Sekedar sharing, menurut info androlog yang saya datangi 80 % dari pasutri
yang sudah menikah 1 tahun tanpa kontrasepsi akan hamil.  Sedang 80 % dari
20 % yang belum hamil, setelah diperiksa biasanya ada masalah.
Pengalaman saya, waktu itu sudah setahun lebih belum juga hamil. Saya
periksa ke dokter kandungan dan diberi obat sampai beberapa kali dan
ternyata belum ada hasil.  Berhubung kehamilan kan perlu peran suami juga,
so kami ke seorang androlog.  Menurut pemeriksaan memang ada masalah
sedikit.  Saat itu suami disuruh mengurangi olah raga dan banyak istirahat
( memang suami hobi berat tennis dan pekerjaan kantor menyita fisik ). Kami
diberi obat dan kontrol lagi 3 bulan kemudian.  Setelah dicek lagi, tidak
ada masalah dan sebulan kemudian saya sudah hamil.
Saya tidak tahu apakah hasil lab yang figa maksud lab istri atau suami ??
Sebaiknya bila periksa,suami dahulu  karena memeriksa suami lebih mudah,
cepat, tidak sakit dan hasilnya bisa langsung diketahui cuma memang
pengobatannya relatif lebih susah ( meningkatkan jumlah sperma itu susah -
kata androlog ).
Sedang buat istri pemeriksaan lebih rumit, lama ( banyak step ) dan
menyakitkan cuma pengobatannya relatif lebih mudah.
Sebagai informasi saat ini di Indonesia sudah ada 4 buah klinik
Infertilitas ( klinik ingin anak ) yaitu di Surabaya ( RSUP ), di
Yogyakarta (RS. dr. Sardjito) dan 2 lagi di Jakarta.  Saya pernah kesana
dan memang komplit peralatan + dokternya ( androlog,obgin,bedah,psikater
dll).
Semuanya memang kuasa Allah, disamping ikhitiar berobat, berdoa jangan
lupa.

Wassalaamu'alaykum wr. wb