Maaf, berdasarkan informasi yang saya tahu dari androlog. Sperma yang baik
kondisinya bila 'puasa' minimal 2 hari dan maksimal 7 hari.  Kurang dari 2
hari bagi suami yang 'agak bermasalah'  jumlahnya mungkin belum mencukupi
untuk membuahi ( min. 20 juta )  sedang bila lebih dari 7 hari memang akan
meningkatkan jumlah tetap akan mengurangi gerakan sperma ( banyak yang
sudah mati ).  Sebaiknya memang dijadwal.  Banyak metode penjadwalan ini.
Bisa berdasarkan siklus haid ( hitung jumlah hari dalam satu siklus, bagi
dua dan ambil 3 hari sebelum dan 3 hari sesudah ), atau berdasarkan
pengukuran suhu basal tubuh atau ada test yang dikeluarkan oleh Sure &
Easy.  Namanya Test Ovulasi, kemasannya berwarna merah jambu, banyak dijual
di apotik.

----------
> [...]
> Mudah-mudahan ini ada manfaatnya.
>
> Untuk membuahi sebuah telur dalam rahim, dibutuhkan banyak sekali sperma.
> Bukan hanya banyak tetapi juga kualitas yg baik.
> Pengalaman saya, tunggu waktu yg "tepat" saat subur wanita,
> kira-kira 1 minggu setelah Haidh.
> Suami dan istri "puasa" campur dulu sekurang-kurangnya 1 minggu sebelum
> saat subur.
> Sebaiknya suami makan makanan yg bergizi baik untuk menghasilkan sperma
yg
> lincah dan baik.
> Dan terakhir sebaiknya tidak langsung mandi, tunggu 5 menit untuk memberi

Internet