From:   Silvy Indriani [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Wednesday, June 16, 1999 10:19 Pagi
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        Fw: [balita-anda] BAB Berdarah

-----Original Message-----
From: Jasmin Auliya <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [balita-anda] BAB Berdarah

>Anak saya berumur 25 hari jenis kelamin wanita, mempunyai masaalah dengan
>BAB (Buang Air Besar), dimana  sudah tiga hari ini BAB nya disamping
>kotoran bercampur dengan sedikit darah segar sehingga BABnya berwarna
>kemerah-merahan dan ada juga darah yang menggumpal.Tetapi anak saya ini
>kondisinya sehat dan suhu tubuhnya normal.
> Saya mohon informasi lengkap

Pengalaman serupa terjadi pada kemenakan saya. Tindakan awalnya periksa
faces lengkap  dengan media (biasanya ada di RS-RS besar / RSUD) untuk
mengetahui apakah terinfeksi oleh suatu bakteri. Hasil pemeriksaan faces
kemenakan saya negatif semua (tidak ada infeksi bakteri). Ternyata BAB-nya
yang berdarah itu disebabkan karena buburnya terlalu padat (padahal usianya
baru 4 bulan dan baru mulai belajar makan). Kasus serupa juga bisa terjadi
pada pemberian susu yang terlalu kental.

Secara instink baby juga akan bereaksi pada makanan/minuman yang tidak
cocok
bagi perutnya. Reaksi tersebut bisa berupa muntah, BAB berdarah, atau sulit
BAB. Biasanya ortu yang ingin anaknya cepat gemuk sering kali lalai bahwa
makanan / minuman yang terlalu padat tidak baik bagi si baby.

Saran saya sebaiknya segera periksa faces lengkap supaya cepat diketahui
penyebabnya.

Regards,