AWW,
Bpk. Narto,
Betul kata bapak bahwa anak harus diperkenalkan susu formula pengganti ASI
sebelum istri masuk kerja kembali sekaligus perkenalan bentuk dot. Saran
saya, cobalah memberi susu formula yang pernah diberikan dan ternyata cocok
buat bayi (tidak mencret dan lidah tidak putih). Biasanya susu tsb pernah
diberikan sewaktu dia baru lahir di RS (waktu ASI belum keluar). Susu
formula yang baik adalah yang cocok buat bayi. Anak saya dulu minum  Susu
morinaga chilmild karena dulu di RS diberi susu tsb(Sebelum keluar ASI).

Memang benar ada waktu adaptasi untuk dia mau minum susu formula. Bahkan
sewaktu saya kerja sempat dia tidak mau minum dot, jadi disendok-in. Tapi
sempat juga dia ngambek. Saya pikir karena dia tidak suka susunya. Saya coba
formula merk lain malah lidahnya putih.
Akhirnya saya memberikan ASI ,kalau kurang baru diberi susu formula. Sebelum
saya berangkat saya peras ASI (di toko banyak terjual) dan dimasukkan di
kulkas. Sekali peras bisa kira2 200ml.
Nanti jam 10, jam 12 dan jam 3 sore di kantor saya peras ASI lagi dan saya
masukin di Kulkas. Nggak apa2 kan kemana-mana bawa botol demi anak???
Sampai di rumah saya susui anak seperti biasanya. Besok pagi sebelum
berangkat bayi disusu-in lagi. Botol isi susu yang kemarin
Diberikan hari ini, dengan dipanaskan lebih dulu dg cara masukin ke air
hangat (jangan direbus). Jangan lupa rebus botol setelah dipakai.Ini aman
buat bayi kok. Kalau persediaan ASI kurang baru diberi susu formula. Bahkan
temen saya tidak sempat memberikan susu formula pada bayinya (membuat saya
iri). O ya, sebelum memeras ASI terlebih dahulu dibersihkan dengan air
hangat. ASI harus sesering mungkin diberikan, karena jika tidak produksi ASI
lama2 akan menurun dan akhirnya habis. Jangan takut kekurangan ASI asal
minum dan makan si ibu yang kuat dan bergizi. OK, Selamat mencoba semoga
bermanfaat.
WWW

Sunarto Suwito wrote:

> Selamat sore Bapak dan Ibu...
> Saya punya anak perempuan berumur 37 hari dan sekarang ini masih terus
minum ASI.
> Cuma beberapa saat lagi istri saya harus masuk kantor dan mau tidak mau
harus ada susu pengganti ASI.
> Mohon bantuan informasinya  susu pengganti ASI yang terbaik itu jenis apa
(mereknya apa) ?
> Selama ini pernah saya kasih Vitalac-1 .
> Atas segala informasinya saya ucapkan terima kasih.
>
> Best regards
>
> Sunarto Suwito
Regards,
 <<...>> Ninin Kristanti
Network Operation & Maintenance Celullar
Telp. 021-5331993/4 Ext. 6418
Fax. 021-5332914
HP. 0816-804942