Yth Bp.Sunarto Suwito,

Mohon ma'af kalau saya boleh menyarankan, sebaiknya bayi Bapak terus di
beri ASI saja. Bukankah sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa
ASI adalah makanan terbaik buat bayi. Sayang sekali kalau istri Bapak
ASI-nya memang banyak tetapi harus menghentikan pemberiannya hanya
karena harus kembali masuk kerja.

Kalau memang istri Bapak tidak keberatan, di kantor istri Bapak bisa
memompa ASI-nya dan disimpan didalam kulkas. Pulang kerja botol-botol
susu yang sudah penuh dengan ASI dibawa pulang didalam termos es. Kalau
rumah Bapak agak jauh, bisa dimasukkan juga batu es di dalam termos
tersebut. Saya pernah baca dari majalah Ayahbunda, ASI yang disimpan
dalam kulkas bisa bertahan 2 hari. Sedangkan jika didalam freezer bisa
bertahan 2 bulan. Pada saat istri Bapak di kantor, bayi bapak bisa di
beri ASI dengan cara botol yang sudah berisi ASI tersebut direndam
dahulu di dalam wadah (mangkuk) yang berisi air panas. Jangan
sekali-kali direbus karena bisa merusak kandungannya.

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, pada saat saya masuk kerja kembali
setelah cuti melahirkan, dalam satu hari bisa 3 kali memompa : menjelang
siang, jam istirahat, dan menjelang sore. Dan itu mencukupi untuk
kebutuhan bayi saya  besok harinya selama saya masih di kantor. Memang
kedengarannya sangat repot ya! Tetapi saya berusaha untuk bersabar
menjalaninya, karena saya ingin memberikan yang terbaik buat anak saya.
Alahmdulillah anak saya Agustus kemarin genap 1 tahun. Dia sehat dan
sekarang sedang senang-senangnya berlarian ke sana ke mari. Sampai hari
ini saya masih memompa ASI di kantor, tetapi karena produksi ASI saya
sudah berkurang, dalam satu hari sekarang hanya 1 kali saja.

Mudah-mudahan pengalaman saya ini ada manfaatnya buat Bapak dan
rekan-rekan lainnya yang mempunyai masalah yang sama.

Wassalam,
Ii Risani