des'ree wrote:

> Saya .. ibu satu anak dan baru berumur 3,5 bulan.... bayi saya mulai mandi air dingin
> sejak umur 1,5 bulan.... karena menurut saya bayi dengan dimandikan air dingin akan
> cepat menguatkan tulang bayi. Dan anak saya tidak pernah rewel....... malah terkesan
> senang kalo lagi dimandiin. Tapi untuk pertama kali mencoba harus dibasahi dulu kaki,
> wajah bayi dan rambut.... setelah itu baru basahi badannya.... dan sampai sekarang
>anak
> saya pagi dan sore saya mandiin dengan air dingin.......

Rasa-rasanya soal memandikan dengan air dingin perlu dilihat dulu soal daerahnya.
Kalau di
Jakarta sih, ngga usah pakai air hangat aja airnya udah hangat, sampai-sampai kalau
saya
mandi di rumah kakak saya (di daerah Cipete, Jaksel) kok habis mandi rasanya keringetan
lagi. Nah, kalau tinggal di daerah Bandung, apalagi di Bandung Utara, kayaknya masih
perlu
memandikan anak pakai air hangat, karena airnya sangat dingin. Anak saya juga belum
bisa
dimandiin pakai air dingin, dan kami tinggal di Bandung Utara, jadi ya biar aja, kalo
dipaksa malah rematik gimana? Begitu...