Ibu Nico, saya hanya ingin sedikit bertanya penyakit campak yang kata ibu
pernah menyerang anaknya pada usia 8 bulan.  Yang perlu ditanyakan apakah
anak ibu positif terkena campak?  Atau hanya rekaan kita saja, dimana
penyakitnya menyerupai campak.  Soalnya menurut DSA anak saya, anak yang
berumur 9 bulan kebawah jarang sekali terkena campak, soalnya pada tubuh
anak tsb sudah mempunyai kekebalan tersendiri untuk penyakit ini, akan
tetapi pada usia 9 bulan kekebalannya mulai menghilang dan perlu diimunisasi
campak.  Hal ini saya ketahui ketika anak saya berusia sebelum 9 bulan
terkena demam dan panasnya cukup tinggi, setelah itu disekujur tubuhnya
keluar bintik-bintik, yang kalau orang melihatnya selalu mengira itu campak,
tapi saya bawa ke DSA katanya bukan campak, itu hanya reaksi dari tubuh si
anak terhadap virus yang menyerang tubuhnya. Lagipula kalau campak
ciri-cirinya selalu ditandai dengan pilek dan batuk yang menghebat dan
matanya merah.  Oleh karena itu anak saya ketika beusia 9 bulan diimunisasi
campak dan 15 bulan imunisasi MMR.  Tapi kalau anak ibu bener kena campak,
maka nggak perlu lagi imunisasi campak, tapi menurut saya MMR perlu, karena
ini lebih lengkap dari hanya sekedar campak.  Untuk HIB bila usia anak
diatas satu tahun hanya diberikan satu kali suntikan, lain halnya kalau
dibawah satu tahun, yang harus dua kali suntikan.  Demikian yang saya