Mbak Siti, saya ingin berbagi pengalaman saya dalam memberikan ASI kepada
si kecil (Alhamdulillah, sampai saat ini, si kecil berumur 13,5 bulan, saya
masih dapat memberikan ASI dengan baik, meskipun saya bekerja dan sering ke
luar kota untuk beberapa hari). Yang saya lakukan adalah:
1. Berpikiran positif bahwa ASI saya cukup banyak dan cukup baik bagi anak
saya.  Jangan pernah punya pikiran ASI yang keluar sedikit, dan si kecil
nggak puas dengan ASI kita.  Saya pernah membaca di beberapa referensi,
nasehat DSA dan salah satu acara Balita di televisi, bahwa produksi ASI
sangat dipengaruhi oleh pikiran si Ibu terhadap kemampuannya memperoduksi
ASI.  Kalau si ibu pesimis, maka ASI-nya pun cenderung sedikit.
2. Jika si kecil menangis karena kelihatannya ASI kita kurang/sedikit,
jangan menyerah dan berhenti menyusui, jangan langsung diganti dengan susu
formula.  Cobalah berkomunikasi dengan si kecil, yakinkan si kecil bawha
ASI kita masih banyak.  Meskipun belum bisa bicara dan mendengar secara
lahir, namun komunikasi batin dengan si kecil sudah bisa kita lakukan.
3. Jangan lupa untuk makan 4 sehat lima sempurna, jangan takut gemuk!!!!
Makanan apa saja, asal 4 sehat 5 sempurna.  Makanlah bila terasa lapar.
4. Berdoa, semoga kita dapat memberikan ASI yang baik dan cukup untuk si
kecil.
5. Mulai rajin membersihkan puting susu sejak kehamilan 7 bulan.

Beberapa kali saya tinggalkan si kecil selama satu minggu.  Selama tidak
menyusui, ASI selalu saya pompa keluar.  makin lama produksinya makin
sedikit karena tidak ada rangsangan hisapan dari si kecil (mungkin
dipengaruhi juga oleh perasaan saya).  Waktu saya coba untuk menyusui
kembali, dengan berpikiran bahwa saya masih mampu memberi ASI untuk si
kecil, Alhamdulillah, makin lama makin banyak lagi, dan sampai sekarang
saya masih bisa menyusui dengan baik.
Percayalah, tidak ada susu yang sebaik dan sehigienis ASI, disamping mudah
penyajiannya.

At 11:13 AM 11/8/99 +0700, you wrote:
>Dear Netters..
>
>Saya sedang hamil 7 bulan dan saya berencana memberikan ASI exclusive ke
Bayi saya apabila lahir nanti.  Apa yang harus saya lakukan dari sekarang
agar ASI saya nanti bisa keluar / bagus .  Kiat2 apa saja yang harus saya
lakukan ?  Apa tergantung oleh makanan ? dan makanan apa saja yang bagus
untuk saya konsumsi dari sekarang ?