Pak Gatot,
Kata dokter itu karena kelenjar keringatnya belum
normal dan karena bakat (keturunan), tapi memang
kondisi ini perlu diwaspadai terutama kalau sering
batuk pilek. Untuk bayi yang masih full ASI mungkin
tidak terlihat jelas, tapi setelah makan makanan padat
bisa kelihatan. Yang bisa diusahakan hanya menjaga
agar begitu bajunya basah langsung diganti.
Saya dapat saran dari teman yang anaknya dulu punya
gejala sama (berkeringat malam hari). Dia buatkan
lampu pemanas (seperti untuk menetaskan telur) di
bawah tempat tidur anaknya, tiap tidur malam
dinyalakan, begitu berkeringat langsung di lap, begitu
berulang-ulang selama 2 bulan sampai akhirnya anaknya
tidak pernah lagi mengalami kondisi tersebut. Dan ini
pernah saya praktekkan pada anak saya waktu dia baru
lahir untuk menjaga tubuhnya tidak terlalu kedinginan
sehingga dia bisa tidur lebih nyenyak.

Mamanya Dafi

--- Gatot Imam Sukoco <[EMAIL PROTECTED]>