-----Original Message-----
        From:   OBP-Oberlins Panjaitan
        Sent:   Monday, April 03, 2000 12:37 PM
        To:     '[EMAIL PROTECTED]'
        Cc:     Reuben V.T. Supit [[EMAIL PROTECTED]]
        Subject:        RE: [balita-anda] Gelembung (kelenjer) di pangkal
leher

                Dear Netter

                Saya ingin minta bantuan tanggapan juga untuk kasus yang
hampir mirip.

                Istri rekan saya sejak mengandung suka batuk-2 dan dokter
sudah memberikan obat  antibiotik yang sesuai dengan kondisi kehamilannya.
Setelah melahirkan, batuknya  masik tetap ada dan panasnya selalu diatas
normal (37-38.5)

                Dokter melakukan pemeriksaan, hasilnya menurut
dokter....batuk tsb karena  tonsilnya dan harus diangkat.  Namun  batuknya
menurut dokter sudah kena ke paru-2 (masih perkiraan ?)..  Kemudian
direncanakan untuk operasi, namun  dokternya melihat kondisi  ibu ini masih
lemah, apakah bisa dibius total atau umum(?)  ..

                Dengan kondisi informasi ini, rekan saya mau tanyakan :

1.      Apakah tonsil tsb  tetap harus diambil supaya batuk dan panasnya
kembali normal?
2.      Apakah maksud dokter tsb (belum jelas keterangannya) batuk tsb sudah
kena ke paru-2 ?
3.      Bila dengan kondisi demikian (lemah), apakah ibu tsb harus dibius
total atau umum; dan apakah  efeknya setelah operasi dengan 2(dua) cara bius
tsb?

                Mungkin bagi rekan-2 sekalian ataupun dokter yang pernah
menangani kasus seperti ini  bisa memberikan pandangan  untuk saya sampaikan
kepada rekan saya tsb..(beliau tidak punya e-mail)..

                Terima kasih,
                Oberlins
                Papanya Oliver & Christover
                Jatimulya Bekasi