kebetulan pak sunarto, saya punya pengalaman serupa, anak saya waktu itu
usia 6 bulan, setiap makan siang pasti bab, pas di tengah-2 acara makan!
memang rada mengesalkan sih, tapi namanya juga bayi, kata orang ususnya
masih pendek (bener ngga' sih?), jadi ya... apa boleh buat. sementara itu
sih saya bilang wajar saja. mungkin karena ususnya sudah penuh, terus
tertekan dengan makanan yang baru masuk, jadilah dia bab. sekarang anak saya
sudah setahun, dan bab-nya sehari sekali atau dua, pagi dan atau sore hari.
tapi kadang-2 juga masih ngga' rutin, malem hari pun suka bab dia.

kalau cara menghentikannya....
he-eh... ibu saya sih ngajarin "tatur" bayi. orang jawa kebanyakan begitu,
setiap pagi bayinya ditatur untuk pipis dan bab. mertua saya pun begitu.
tapi saya ngga' bisa tuh... jadi ya, memang ngga' selalu berhasil sih.

mungkin rekan ibu-ibu ada yang jago dalam masalah tatur-menatur bayi, bisa
pagi pengalaman buat pak sunarto ?