pak Irvan,
saya dulu pindahan waktu bayi saya umur 5 bulan.
kita melakukan perjalanan naik mobil. bayi saya waktu itu memang rada
"aneh", dia ngga' mau breastfed kalau sambil duduk, maunya tiduran. sampai
ibu saya terheran-2, kok aneh ya bayi ngga' suka netek, katanya. dan
kebetulan juga dia ngga' suka susu botol. nah, selama di jalan,
ya....terpaksa berhenti-2 demi nyusuin anak saya. Kalau di pesawat, ngga'
mungkin ya !

sampai di tempat baru, si kecil ngga' ada masalah tuh, ngga' rewel, ngga'
mogok makan. malah, setelah gede (1 tahun), baru dia sering mogok makan.

tentang persiapan buat di jalan, kalau bisa bawa mainan atau bantal/ guling/
selimut yang biasa si bayi pakai selama di rumah lama. kalau si bayi bisa
minum susu botol, ya dibawain susunya. jadi di perjalanan dia tetap merasa
aman dan nyaman dengan barangnya.

o iya, satu hal, setahu saya  kalau bayi naik pesawat, ditakutkan kupingnya
belum terlalu kuat dengan suara pesawat (pas pesawat naik), kalau memang
breastfed baby, sebaiknya disusuin pas pesawat tinggal landas, atau kalau
dia mau pacifier (empong/empeng), dikasih empengnya. katanya sih membantu
mengurangi tekanan di telinga karena pekaknya suara pesawat.

demikian sharing saya.

Quinike