Ayahnya Dito,
anak saya umur 1,5 bulan saya bawa pindah dari rumah orang tua ke rumah
saya sendiri.
Waktu itu saya pakai kereta berangkat jam 15.30, sampai di rumah saya
sendiri sekitar jam 21.30.
Di kereta anak saya nggak rewel sama sekali. Tidur terus. Begitu sampai di
rumah, rewel. Di perjalanan dari stasiun ke rumah-pun sudah rewel. Mungkin
karena udaranya panas (saya tinggal di Surabaya). Malam itu anak saya rewel
banget (nggak nakut2in lho...). Mintanya digendong terus. Nangis terus.
Minum aja nggak habis.
Tapi memang begitu kok anak2. Nggak pa2 kok, Pak. Besoknya anak saya udah
nggak rewel lagi. Udah ceria seperti biasa. Minum seperti biasa. Tidurnya
juga sudah seperti biasa. Ya, saya memang sempet nggak tidur malam itu.
Menurut saya bayi membutuhkan waktu untuk adaptasi. Seperti orang dewasa
kan juga kadang kalo pindah tempat juga musti adaptasi. Nggak usah
khawatir, Pak. Asal orang tuanya selalu mendampingi anak selama anak
adaptasi. Kita berusaha untuk tenang aja. Kalo orangtuanya panik, bayi akan
semakin rewel, Pak.
Mungkin nanti dengan bertambahnya umur, anak akan semakin gampang untuk
beradaptasi.
Mungkin ada netters lain yang menambahkan.

Ibunya Rafi'