Dari artikel yang pernah saya baca, hampir semua bayi laki-laki akan
mengalami kondisi seperti ini, hanya sekitar 5 % bayi laki-laki yang tidak
mengalami gangguan ini.
Untuk yang tidak terlalu mengganggu, boleh dengan rajin membersihkan ujung
kemaluan dengan kapas dan boorwater setiap mandi pagi dan sore selain juga
harus rajin dibersihkan setiap selesai buang air kecil (tanpa kapas dan
boorwater).
Kalau sudah sangat mengganggu, maksudnya si anak sampai panas karena adanya
infeksi atau sangat mengganggu proses pipis-nya, jalan satu-satunya memang
harus disunat.
Jadi kalau memang nggak mengganggu dan juga nggak tega si kecil untuk
disunat, yah ... proses sunatnya memang boleh ditunda sampai usia anak
dianggap cukup untuk disunat.
Anak saya juga melalui fase ini kok dan masih tetap berlaku 'proses
pembersihannya' sampai sekarang.

ibunya Ipan