Pak Yazid,

Dulu keponakan saya juga terkena hydrosefalus akibat
ibunya terinfeksi toksoplasma waktu mengandung ...
Dari lahir ukuran kepala sudah di atas rata-rata
akibat berisi cairan.  Waktu itu keponakan saya di
operasi (usia 3bln) di RS. Carolus dgn dokter dari Rs.
Carolus dan RSCM.  Tindakan operasinya itu dengan
membuat saluran / menanamkan selang dalam tubuh yang
menyalurkan cairan dari kepala ke satu organ tubuh -
istilahnya di pompa - Ukuran kepala yang sudah
membesar tidak dapat kecil lagi, walaupun operasi
sudah dilakukan ... paling tidak operasi itu
mengurangi pembesaran kepala dikemudian hari.  Karena
itulah para dokter biasanya menyarankan pasien untuk
dioperasi sedini mungkin agar ukuran kepala tidak
terlalu besar. Karena tubuh keponakan saya menolak
selang yang didalam tubuh, jadi operasi seringkali
dilakukan ... Singkat cerita, keponakan saya ini pada
usia yang keempat, dipanggil Tuhan ... setelah selama
hampir setengah tahun di rawat di RS.

Dari beberapa cerita yang saya dengar, ada penderita
hydrosefalus yang bisa bertahan hingga usia 12 tahun
.. walaupun demikian tetap saja kondisinya lebih
rentan sakit dibandingkan anak-anak yang lain ...
keponakan saya itu walaupun secara fisik tampak sehat,
tetapi intelegensinya dibawah rata-rata ...

Kejadian tsb sekitar th 91-an ... mungkin dunia
kedokteran sekarang sudah lebih canggih dibanding
sebelumnya pak ... mudah-mudahan keponakan teman
kantor bapak tidak mengalami apa pernah kami alami ya
pak ...

Salam,
Ibunya Syafa