Subject: Re: [anakku] Hidrosefalus
Date: Tue, 23 Jul 2002 07:48:17 GMT
From: [EMAIL PROTECTED]
To: [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]

Yth. Ibu Opi,

Sangat sulit bagi saya untuk dapat menentukan apakah anak anda
mengalami
hodrosefalus. Memperhatikan data perkembangannya, anak ibu masih
dalam
batas normal. Data yang perlu saya ketahui adalah: berapa ukuran
lingkar
kepala, dan apakah ubun-ubun anak ibu tegang??. Pasien dengan
hidrosefalus
mempunyai ukuran kepala di atas nilai normal (standard grafik
Lingkar
Kepala pada buku Kesehatan Anak) disertai dengan ubun-ubun yang
tegang.
Hidrosefalus didiagnosis dengan klinis di atas disertai hasil CT
Scan
kepala. Bila ukuran LK normal, dan ubun-ubun tidak tegang tidak
perlu CT
Scan Kepala. Selamat memeriksa anak anda. Mudah-mudahan LK anak
anda
normal dan ubun-ubun tidak tegang.

Semoga bermanfaat,
Dr. Irawan Mangunatmadja, SpA(K)

Subbagian Neurologi Anak FKUI-RSCM
Tel. 314 9161

Klinik Anakku Cinere
Jl. Manggis Raya (Depan Cinere Mall)
Jakarta Selatan
Tel. 754 5400

> Dokter ,
>
> Berikut ini saya kirimkan pertanyaan salah seorang rekan di mailist
balita-anda , mohon
dokter dapat memberikan penjelasan .

> terima kasih sebelumnya.

Kirim email ke