Mbak Farida, saya rasa hal itu wajar2 saja.
Hana sekarang juga kadang2 seperti itu. Kalau boleh saya share pengalaman sepupu
saya yang bisa melihat makhlus halus. Rima (sepupu saya) sejak umur 3 tahun suka
bicara dan ketawa2 sendiri, setelah ditanya mamanya dia jawab dia ngobrol dan
bercanda dengan temannya, malah dia kasih unjuk; Itu Ma namanya Pak Jenggot.
Waktu itu karena masih kecil dia kurang ngerti ketika ditanya Pak Jenggot siapa
dan seperti apa wujudnya. Sejak berteman dengan Pak Jenggot ini dia mempunya
indra keenam alias bisa melihat masa depan. Dia kasih tahu ke mamanya dengan
bahasanya sendiri tentang Om saya yang saat itu sedang sakit. Karena masih kecil
tidak ditanggapi oleh mamanya & dianggap ngawur, ternyata kurang 1 minggu Om
saya meninggal karena stroke. Selain itu pernah tante saya iseng menanyakan
nomer undian berhadiah yang akan keluar, sambil lalu Rima menjawab dan oleh
tante saya diberitahu ke temannya yang hobby beli undian, ternyata benar nomer
itu keluar walaupun bukan hadiah pertama. Kalau malam dan kebetulan saya dan
keluarga sedang main ke rumah tante saya yang notabeme mamanya Rima, nggak ada
yang berani ngajak dia keluar rumah karena seringkali dia melihat sesuatu dan
memberitahu yang ada di dekatnya seperti, eh eh eh itu ada macan, ih apaan tuch,
dll. Sekarang ini Rima sudah kuliah tingkat 1 dan kemampuan dia untuk melihat
sudah hilang sejak dia SMP atau SMA (dia sendiri kurang pasti). Pernah saya
iseng tanya ke dia Pak Jenggot temannya itu seperti apa sich, rupanya dia masih
ingat dia bilang kepalanya manusia berjenggot dan badannya seperti burung besar.
Percaya tidak percaya, dalam Islam memang kita wajib mempercayai adanya makhlus
halus.
Tetapi belum tentu anak yang suka berbicara sendiri dengan teman bayangannya itu
karena makhlus halus, bisa juga karena halusinasi. Seingat saya, waktu kecil
saya tidak punya teman bayangan, tetapi beberapa keponakan dan anak saya sendiri
sepertinya punya teman bayangan.
Mengenai makhlus halus ini perlu diperhatikan karena ada anak yang tidak kuat
kalau melihat makhlus halus, bisa2 sakit seperti yang pernah dialami anak
tetangga saya, seketika melihat langsung nangis menjerit2 dan demam tinggi. Oleh
karena itu jika kita membawa anak yang masih kecil keluar rumah di malam hari
(lewat Maghrib) sebaiknya banyak2 berdoa saja sesuai dengan keyakinannya.

Hanya itu sharing pengalaman saya, moga2 membantu.

Salam

Mamanya Hana

"farida" <[EMAIL PROTECTED]> on 11/21/2000 01:05:38 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]