Banyak anak-anak yang diperkenalkan sejak dini pada baby walker, termasuk
anak saya waktu berusia 4 bulan. Tetapi saya sendiri sebagai orang tua sejak
awal ingin membiarkan proses pertumbuhan dan perkembangan fisik anak secara
alamiah ... kebetulan yang membelikan baby walker itu kakek-nya; saya
sendiri sebagai orang tua pada awalnya tidak berniat demikian. Karena ada,
kadang-kadang anak saya akhirnya diletakkan juga di baby walker (tidak
sering), terutama kalau sedang memberi makan dan alhamdulillah tidak ada
kelainan apa-apa dari segi pertumbuhan fisik (kaki)nya.

Hanya, saya juga berkonsultasi dengan dokter anak...dan dia menganjurkan
untuk tidak meletakkan anak di baby walker dan membiarkan anak berjalan
secara alamiah sesuai dengan kemampuan dan perkembangan fisiknya.
Barangkali anjuran itu juga yang membuat saya agak membatasi diri untuk
meletakkan anak di baby walker.

Lagi pula, kelihatannya tidak ada hubungannya dengan kecepatan anak untuk
belajar jalan ya?! Adik saya lebih sering meletakkan anaknya di baby walker,
tapi tetap saja baru bisa berjalan sendiri setelah usianya 18 bulan. Saya
sendiri lebih senang meletakkan anak di boks dan membiarkan dia belajar
menyebrang dari satu sisi boks ke sisi lainnya tanpa berpegangan; dan dia
bisa berjalan sendiri (tiba-tiba) persis pada hari ulang tahunnya (jadi pas
12 bulan). Ya... pengalaman saya demikian. Tapi soal dampak ber-baby walker
saya ngga berani komentar... Toh banyak juga yang tidak mengalami masalah
apa-apa dengan penggunaan alat tersebut.