Ibu2 sekalian:

Saya sebagai orang Jawa, memang cenderung akan ngejalanin tradisi, adat &
aturan2 tsb. Di samping karena masih merasa "attached" dgn budaya asal saya
ini, kebetulan orang tua saya (juga orang tua suami) termasuk sebagian orang
yg masih patuh thd hal2 tsb.
Dan betul kata Mba Derniya, tergantung etnis & daerah masing2, upacaranya/
ritualnya dilakukan dgn variasi masing2 pula. Ada yg komplit pake ditanam dg
pensil, uang, yg merupakan simbol2 pengharapan tertentu, ada juga yg apa
adanya.
Tetapi selain ditanam, ada sementara orang yg melabuh ari2 tsb ke sungai
atau ke laut.. Hal tsb dilakukan oleh kakak kandung saya sendiri saat anak
pertamanya lahir waktu itu.
Ari2nya setelah dibersihkan dia buang ke sungai, ya sambil dibacain doa gitu
(saya ngga tau persis nama ayatnya apa)..

Tapi seperti yg dikatakan oleh Mba Mila. Bagaimanapun caranya, akan
berpulang kembali ke pribadi & keyakinan masing2. Meskipun toh itu tradisi
nenek moyang, tapi banyak pula umat beragama, terutama umat Kristen/ Katolik
yang tidak mempercayainya, bahkan cenderung meninggalkan kebiasaan tsb.
Kalau menurut saya, yang penting "Lillahi ta'ala" dan "Niat ingsun" kita
selalu baik & positif.

Best Regards,
Diah Riyawanti