saya pengen cerita nih
lantaran baru jadi ibu, sekarang ini saya sangat perhatian banget dengan segala hal
yang berbau bayi dan tetek bengeknya, awalnya saya pengen tahu tentang autis dan
akhirnya saya ikut di diskusi-autis walau anak saya tidak/belum (mudah-mudahan tidak
akan pernah) autis. setelah diperhatikan, nggak kebayang deh gimana tuh ngurus anak
autis (saya pernah melihat anak autis dan segala macam kerepotannya). Siapa sih yang
nggak sedih banget liat anaknya autis apalagi kalau emang benar-bener akibat MMR.
Mulai saat itu saya mulai concern banget sama imunisasi dan segala macam efeknya. saya
juga pernah bertanya tentang efek thimmerosal pada dokter Rudy, cuma katanya vaksin
yang free thimmerosal belum ada di Indonesia ya akhirnya kita harus terima juga tuh.
Masalah MMR, saya jadi lebih perhatian sama vaksin ini,saya coba cari di website
dokter anak amerika, yang memang menyatakan tidak ada hubungan antara MMR dan autis,
walaupun saya pernah baca di milist tentang penelitian Dr. Wakefield yang menemukan
hubungan MMR dan autis yang oleh pemerintahan disana dibantah habis-habisan.
Saya pikir pemerintah memang punya kepentingan masalah kesehatan anak secara global
sehingga tidak memberitakan masalah efek samping MMR, tapi kalau faktanya ternyata
banyak anak jadi autis setelah imunisasi ini mau nggak mau kita harus waspada juga
tuh.

Saya memang ngeri banget tentang hal ini, saya pengen kasih anak saya MMR tapi takut
kalau-kalau anak saya jadi autis. tapi informasi itu berguna bagi saya, sehingga saya
sekarang lebih perhatiin perkembangan anak  dan cari tau segala macam informasi dan
memikirkan bagaimana solusinya.

sekian saja curhat dari saya, dan saya ingin ucapkan terima kasih ke Pak Rahman yang
bikin milist ini, Dr. Rudy yang bikin milist diskusi-autis dan suka ngasih info yang
berguna dan terima kasih sama rekan-rekan yang nulis di sini jadi saya baca infonya.

maaf yah curhatnya kepanjangan banget

"A room without books is like a body without a soul."
-- Marcus T. Cicero