Mbak Devi,
Kalau untuk umur 6 bulan sih sebaiknya disaring. Saya lebih memilih disaring
lho daripada diblender, biasanya kalau diblender, sisa yang melekat di alatnya
suka lebih banyak dari apa yang bisa dimakan. Setelah 8 bulan-an, apalagi kalau
sudah mulai tumbuh gigi, mulai dipisah, bubur/tim/nasi lembek sendiri, lalu
lauk daging/sayurnya dicincang mula-mula yang halus, lama kelamaan lebih kasar.
Untuk sayuran tertentu seperti wortel malah bisa dijadikan 'finger food' cukup
dipotong panjang sebesar jari lalu direbus sebentar sekali, nanti biar dipegang
sendiri. Soal kalau diberi tim saring nanti tidak bisa makan makanan kasar,
mungkin terlalu lama pada tahap makanan halus dan tidak secara bertahap diberi
makanan kasar. Biasanya (dari pengalaman saya dengan 3 anak) anaknya sendiri
yang akan  memberi isyarat kapan dia mulai tidak suka makanan dengan tingkat
kehalusan tertentu dan ingin meningkat pada yang lebih kasar.
OK Mbak, selamat mencoba semoga berhasil. Buat Gabby, selamat makan ...

Ambu-nya Devina Diva dan Daffa