Sepertinya sih kebiasan juga ya!
Dulu, saya pernah coba natur anakku, tapi yaa.. tdk diniati sepenuh hati,
jadinya ya gagal. Nah, kemarin2 ini, saya niatin... ditatur tiap hari,
awalnya dari tiap jam, terus jadi tiap 1.5 jam, 2 jam, 3 jam. Akhirnya ya,
jadi terbiasa ya. Mula2 memang saya musti nungguin dia di potty sampai
5-10 menit, cuman buat pipis tok. Tapi, setelah dia terbiasa, tahu artinya
buang air, tahu artinya kebelet, tahu bagaimana cara mengatur muscle-nya,
ya jadi gampang. Setiap dia kebelet, dia pergi sendiri ke potty, trus
pipis. Atau kalau mau tidur, mau pergi, disuruh ke potty, dia juga sdh
bisa langsung pipis, kitanya tdk plu nungguin lama-lama lagi.

Ya gitulah Mbak, yg penting diniatin dulu! :)
Dan klu bisa wktnya yg pas, di mana si anak betul2 mengerti artinya potty
training.

best regards,
Quinike