On Mon, 28 May 2001 13:21:42 +0700
[EMAIL PROTECTED] wrote:

> Dear Netter,
> Saya punya anak yang usianya baru 1,5 bulan. Sudah seminggu ini ada gejala
> aneh pada pernapasannya yaitu ada semacam dahak dimana saat dia bernafas
> terdengar suara "krok-krok". Saya uda bawah dia ke dokter keluarga katanya
> tidak apa-apa. tetapi sebagai orang tua saya tentu saja kawatir dan kasihan
> melihat kondisi yang demikian. Perlu netter ketahui, waktu itu saya di
> kasih obat Brocithin. Mungkin ada pengalaman dari netters yang bisa
> membantu menghilangkansuara krok-krok tersebut.
> salam papanya assegaff

Dear Papanya Assegaff,

Suara grok-grok pada pernapasan bayi di bawah 4 bulan itu biasa. Karena
biasanya lendir di saluran pernapasannya masih ada. Bayi saya juga
begitu. Apalagi sewaktu menyusu ASI, terdengar seperti ada lendir di
hidungnya. Tapi sekarang sewaktu usianya sudah 4 bulan, suara grok-grok
itu sudah hilang. Yang harus diwaspadai adalah apabila hidung si bayi
berlendir atau terlihat hidungnnya kembang-kempis karena kesulitan
bernapas. Kalau cara bernapasnya biasa saja, tidak udah khawatir.

Regards,
F e r o n a
Bunda Segara