On Tue, 5 Jun 2001 08:59:27 +0700
"Wening" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> turun diiringi batuk & sedikit pilek. Dari napasnya terdengar banyak sekali
> lendir. Saya sudah bawa ke dokter sampai 3 kali tapi belum sembuh. Kemarin
> saya bawa ke tukang urut bayi (Hj. Komariah yg di Duren Tiga), katanya anak
> saya kena tampek tapi tidak keluar tampeknya & lendir itu efek dari tampek
> ini. Minta tolong jika ada di antara rekan2 yg punya pengalaman yg sama
> untuk sharing, karena badannya makin kurus karena tidak doyan makan.  Apakah
> betul bisa diminumkan air kelapa muda agar tampeknya keluar ? Apakah juga
> tidak boleh kena air ? Terima kasih sebelum & sesudahnya.

Maaf Mbak Wening, apakah yang dimaksud dengan Tampek ini adalah Campak
(Morbili) ?

Kalau memang campak, biasanya panasnya belum akan turun kalau campaknya
belum keluar yaitu  bintik2 merah sekujur tubuh, biasanya gatal dan akan
menghitam lalu menghilang dengan sendirinya. Campaknya bisa dipicu
keluar dengan air kelapa hijau dan karena biasanya anak kehilangan nafsu
makan dan lemas maka bisa diberi madu dan telor (telornya harus matang) untuk
menambah tenaga.

Yang diobati pada campak adalah gejalanya dan bukan virusnya karena
biasanya virusnya sudah menghilang. Biasanya diberi obat penurun panas,
seperti tempra, dan tidak perlu antibiotik. Yang perlu diwaspadai pada
campak adalah gejala penyertanya yang lain, misalnya pneumonia, yang
bisa  menyebabkan kematian. Karena daya tahan tubuh anak menjadi lemah
maka bisa terserang penyakit lainnya. Sebaiknya mbak Wening konsultasi
intensif pada  dokter spesialis anak (jangan pindah2 lho, Mbak. Nanti
dokternya tidak bisa mengikuti perkembangan sakitnya)

Setahu saya sudah ada vaksin campak yang diberikan mulai usia 9 bulan
(karena sampai 8 bulan, bayi berbekal kekebalan dari ibunya). Apakah
belum diberi vaksin ? Kalau sudah divaksin, biasanya meskipun terserang
tapi tidak akan separah yang belum divaksin.

Regards,
F e r o n a
Bunda Segara