Mbak Hermin,
Saya juga dulu mengalami hal yang sama dengan mbak.
Menurut yang pernah saya baca, posisi plasenta di bawah dan menutupi jalan
lahir (= plasenta previa) merupakan gejala yang belum bisa dipastikan
penyebabnya. Kondisi ini terjadi pada kehamilan pertama di bulan ke4~5, tapi
kemudian bisa normal pada trimester ketiga.  Pada kasus saya, dari bulan
ke-5 sampai dengan bulan ke-8 plasentanya masih di bawah, bayi sungsang
sampai bulan ke-7, dan flek (perdarahan) sampai bulan ke-5 masih ada.
Selama kehamilan, saya tidak boleh banyak beraktivitas, pakai penyangga, dan
terus menerus di beri suplemen (vitamin, penguat kandungan -- Premaston
masih sp bulan ke--5).  Saya divonis harus melahirkan melalui caesar.
Saya sudah pasrah, semua nasihat dokter saya ikuti - sering bedrest dan
bolos ngantor. Nggak lupa berdoa mohon kemudahan dari Allah. Alhamdulillah,
masuk bulan ke-9, plasenta sudah bergeser, dan akhirnya saya bisa melahirkan
normal.  Si kecil memang harus dibantu dengan vacuum karena kandungan tetap
di atas (maklum, nggak pernah olahraga !), tapi dia lahir sehat dan
sekarang sudah lari-lari.
Jadi sabar aja ya mbak, mudah-mudahan bisa normal seperti saya.  Kalau
memang tetap harus caesar, ya anggap aja itu karunia yang pasti ada
hikmahnya.  Seperti orang yang order martabak biasa tapi dikasih "martabak
special" gitu....

Salam,
Tenny