mbak Haryani....
saya ada informasi dari teman saya yang kebetulan anaknya pernah mengalami infeksi
seperti putra temen mbak Haryani. Dan solusi yang dilakukan memang harus disunat, pada
saat itu usia anak temen saya itu sekitar 18 bulan....
kalo nggak keberatan, berikut saya suntingkan imel dari temen saya itu yang
menceritakan kronologis putanya yang disunat (maaf..kalo ada istilah dlm bhs
Jawa...krn kita asalnya memang dari Jawa... :-))

Kronologis-e ngene Rek,

Anakku sing ke-loro (dua bukan sakit), si Aldho (Lengkape Nalndho Prifarel
Rahmatdani)  umure sik 1.5 th, minggu lalu jadwal-e imunisasi , pas
imunisasi iku gak masalah, cuman Ibune takok ke dokter-e macem-macem
termasuk soal pipis-e sing cuman sedikit-sedikit (sak crut-sak crut). Nah
karo dokter-e diperkirakan karena infeksi saluran kencing, dikasih obat dan
setelah bbrp hari gak sembuh diminta cek lab dan konsultasi lagi, nah karena
gak/belum sembuh dan malah malem hari sering panas makanya kemaren/Rabu
malem balik ke dokter anak tsb dan pas dicek hasil Lab ternyata hasilnya
OK-OK aja dan menurut dia karena ada jamur aja di ujung (sorry agak jorok)
penis nya. Nah karena susah ngeluarin kepala penisnya dokternya maksa pakai
alat sampai berdarah dan aku diajari caranya ngasih salep ke ujung penis
tsb.

Sampai sini gak masalah, cuman malemnya anakku sik gak lancar pipis-e,
Paginya jam 6.30 pas arep berangkat kantor tak sempatno mempraktekkan
ajarane dokter tsb, begitu kepala penis-e tak odot dan tak kasih salep
ternyata kepala penise gak iso ditutup lagi dan malah membengkak, setelah
dibawa ke dokter anak (lain) yang terdekat disarankan ke RS Fatmawati dan
katanya mesti dioperasi, terus dikasih surat pengantar krn dia juga praktek
disana. Waktu itu aku gak yakin jadi balik muleh meneh dan berusaha kontak
dokter anak yang ngajarin itu . Karena dikontak gak nyambung-nyambung,
takputusin untuk bawa ke RS International Bintaro (karena takut di Fatmawati
penangannya gak bagus), Sampai disana dan masuk UGD diusahakan untuk
dibalikin tapi ga' bisa-bisa dan disarankan untuk dioperasi sekaligus
disunat.

Agak ngeri dan sedih soalnya anak sekecil itu mesti masuk ruang operasi jadi
agak ngga tega, tapi ya karena ga ada jalan lain maka ya langsung masuk
kamar pasien dan disuruh puasa, waktu itu udah jam 08.00 dan rencana operasi
jam 11 karena minimal puasa hrs 4 jam dan dia makan/minum susu terakhir jam
7. Ngga teganya sih waktu diambil darahnya karena terlalu halus maka ngga
dapet-dapet dan pindah-pindah dari tangan kanan ke kiri sampai akhirnya di
telapak tangan. Bener -bener gak tega denger tangisannya itu apalagi anaknya
sampai kecapekan karena nangis.
Alhamdulillah team dokternya (dokter anak, bedah dan anastesi) udah minta
langsung masuk r. operasi jam 9.00 , jadi anaknya gak nunggu/puasa
kelamaan, tapi bener bener gak tega waktu anaknya pakai baju putih operasi
dan didorong masuk ke R. operasi, kayaknya udah mau "gimana" gitu. Untung
aja ankku terus tidur sambil meluk guling kesayanggannya yang oleh dokter
juga diperbolehkan masuk R. Operasi . Sampai disini pasrah aja dan nunggu
diluar sambil berdoa dan berharap-harap cemas. Jam 10.00 aku udah
mondar-mandir di dekat Ruang tunggu dan lihat ada tempat tidur yang
sepertinya kosong tapi beberapa kali dilihatin oleh suster sambil
senyum-senyum, aku udah curiga kalo itu ankku tapi masih belum diperbolehkan
masuk. Baru setelah melihat bolak-balik aku melongok ke dalam akhirnya
susternya memperbolehkan masuk tapi gak boleh keluar dulu, pas masuk
ternyata anakku udah sadar dan dengan asyiknya ngejilatin gulingnya sambil
ngelihatin suster yang mondar-mandir.

Wah bener-bener Leeeeegaaaaa!!!  Syukur Alhamdulillah anakku gak ada apa-apa
dan udah sekalian disunat. Begitu boleh keluar dari R. Operasi dan masuk ke
kamar pasien dia langsung tidur pules sampe dipaksa bangun untuk minum susu
dan makan obatnya jam 2 siang. Waktu udah makan dia langsung minta main di
ruang bermain(kebetulan udah beberapa kali kesana waktu jenguk saudara
melahirkan) dan udah langsung jalan sendiri walaupun masih agak limbung
kayak orang mabuk. Jam 4 sore  tak putusin untuk nyelesaian administrasinya
dan pulang karena dia udah pipis (syaratnya boleh pulang kalo dia udah bisa
pipis) walaupun mestinya keluarnya minimal 6 jam setelah operasi. Tapi
karena takut anaknya bosen dan trauma lihat tempat tidur RS(dia selalu
nangis kalo ditidurkan di tempat tidur  RS kecuali kalo disetelin film
anak-anak) maka tak putusin pulang aja . Sampe di rumah udah langsung
lari-lari dan main sama Kakaknya , dan langsung call ke
Eyang(ortu)-eyangnya(mertua) yang rencananya pada mau ke Jakarta untuk
cancel aja krn cucunya baik-baik aja. Ya yang namanya Eyang tetep pada
ngotot mau datang tapi paling ga ngga mendadak dan naik pesawat, cukup naik
KA dan jadwalnya mungkin hari minggu ini sekalian mungkin aku mau
syukuran/pengajian atas sunatan si Kecil Aldho.

Ya bagiku Musibah ini juga membawa berkah kok, harus disyukuri dan
mengintropeksi diri, terus terang aku akhir-akhir sering bolong Shalat, dan
dari pengamatanku aku selalu diingatkan oleh Yang Diatas dg musibah yang
(sialnya) selalu menimpa orang yang (paling) tak sayangi bukan aku sendiri.
Nah begitu kenek musibah baru eling maneh. Yo moga-moga gak perlu diingatno
meneh rek, soale aku terus terang lebih sayang ke orang-orang tsb(keluarga)
dibanding neng awakku dewe. Ngeri nek sampe diingatkan lagi dg hal/musibah
yang lebih berat.

Yo wis sak mono dhisik rek, mumpung lagi insyaf nih! he..he..he

Jadi...mbak Haryani....tolong disampaikan ke temen mbak....cepat dicarikan solusinya
deh....kasihan si kecil...mudah-mudahan cepet sembuh....!

-rini-