Hal yang sama terjadi pada anak pertama saya, umur 27 bln. Diawali dia
selalu mengeluh
setiap kali pipis pips selalu kesakitan. Saya bawa ke DSA saya di Hermina
Jtngr, dari
hasil observasi beliau anak saya positif terkena thimosis (cmiiw), saya baca
di surat pengantarnya.
Menurut dia lubang saluran kencing sangat kecil sementara karena kandungan
air seni kotor ada
yang menunpuk di dalam kulit ujung penis (maaf) sehingga menyumbat dan
pipisnya jadi tidak
lancar. Menurut DSA saya, Dr. Jose RL. Batubara, harus operasi circumsisi
(sunat) untuk
menghilangkan kulit yang menutupi ujung penis sehingga nanti pipisnya bisa
lancar dan nggak terjadi
infeksi. Akhirnya minggu itu juga setelah mencari second opinion dan
konsultasi dengan ahli bedah
anak, anak saya dioperasi di RS yang sama. Ternyata setelah dioperasi kami
tahu ternyata karena
adanya tumpukan kotoran menyebabkan sebagian kulit ujung penis yang disunat
telah melekat (lengket)
dengan penis (mungkin karena kotoran-kotoran yang menumpuk), jadi harus
disayat pelan-pelan.
Memang si anak harus dibius total, karena anak seusia itu pasti akan
berontak bila melihat kondisi
ruang operasi RS. Tapi dalam waktu 2 hari, Jumat malam operasi, Minggu sudah
lari2, naik turun kursi,
kitanya sampai ngeri takutnya kegores tapi si anak cuek saja katanya sudah
sembuh. Lukanya kering dalam
waktu 1 minggu dan tidak pernah ada masalah lagi dengan pipisnya.

Jadi demi kesehatan dan untuk mencegah infeksi lebih lanjut, saya anjurkan
anak temen mbak lebih baik
dioperasi saja. Operasinya kecil kok, cuma kl 1/2 jam. Saya pertamanya
sangat kuatir pula menghadapi
operasi tsb, tetapi setelah melihat sehat dan lincahnya anak saya sekarang
saya bersyukur telah mengam-
bil keputusan operasi saat itu.

Ini sharing saya, semoga bermanfaat.

Ibu Hadza & Hafi.