Mbak, sharing nih.....
Anak saya, Chandra juga sudah dikhitan pada usia sangat dini, yaitu 1 bulan.
Sebabnya sama, femosis. Meskipun (Alhamdulillah) belum sampai bengkak dan
demam, saya dan suami mengambil keputusan untuk menuruti dokter mengkhitan
Chandra supaya efeknya tidak lebih buruk lagi, lagian tidak ada ruginya,
malah banyak manfaatnya.

Waktu itu kami curiganya karena setiap kali pipis Chandra selalu mengejan
seperti hendak pup, kadang sampai mengeluarkan suara dan sedikit menangis.
Setelah diperiksa ke DSA, ternyata femosis dan dianjurkan untuk dikhitan.
Femosis itu sendiri bisa disebabkan penyumbatan oleh lemak dan yang paling
sering dan lebih berbahaya adalah penyumbatan oleh bedak tabur. Makanya saya
tidak pernah kasih bedak, lebih baik baby cream.

Chandra dikhitan di RSPP oleh DSA spesialis bedah anak Ali Muchtar,
menggunakan metode laser dan hanya dibius lokal, DSA saya dan DSA Ali
Muchtar tidak mau bius total karena resiko tinggi untuk bayi. Luka khitannya
tidak sampai satu minggu sudah kering dan dalam waktu satu minggu sudah bisa
pakai popok lagi. Selama lima hari setelah dikhitan, lukanya tidak ditutupi
popok dan rajin diolesi Garamycin serta Betadine Lotion serta tentu dijaga
kebersihannya. Saya puas sekali dengan penanganan dari DSA dan DSA spesialis
bedah anak tsb karena Chandra tidak terlalu menderita, hanya pada hari H
khitannya saja dia menangis kesakitan. Setelah itu hari berikutnya dia sudah
baik-baik saja. Asalkan kita jaga supaya selalu bersih Insya Allah semua
berjalan lancar, dan saya serta suami senang karena Chandra sudah dikhitan
karena itu juga menghindari penyakit2 yang mungkin timbul di kemaluannya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam,
Mila.

DSA