Guo Nian, Chun Jie atau Tahun Baru Imlek, Festival menyambut musim
semi, tapi saat hari raya ini berlangsung justru di Tiongkok sana
lagi dingin2nya tuh...

saya gak tau yang memberikan 3 pertanyaan imlek itu maksudnya apa,
tidak dibesarkan di keluarga Tionghoa ato cuma mau memancing
postingan dari para member ? sampai tidak bisa membedakan imlek dan
tahun baru imlek.

Boen

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Skalaras" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Pertanyaan yang begitu tendensius, se-akan2 perayaan Tahun baru
Imlek disamakan dng perayan agama, pakai makna spiritual dan pesan2
luhur segala! pertanyaan ini mengingatkan artikel berapa bulan lalu
di Kompas, yang ingin menghilangkan warna budaya Tionghoa dari
perayaan Tahun baru Imlek.

> Maklum,  karena yang bertanya ini tidak paham nama yamg benar dari
perayaan ini : Tahun baru Imlek  atau Festifal musim semi . dia hanya
menyebut tradisi imlek, imlek artinya penanggalan bulan, apa sistem
penanggalan mau dicari makna speritual? Oho....

> Dari namanya saja sudah terbaca, ini adalah murni pesta pergantian
tahun, dan bagi masyarakat agraris, menyambut datangnya musim semi.
apakah aasan2 ini belum cukup?