Zhou dan Boen jiwi loheng,

Maaf yang barusan siaute salah kirim. Siaute setuju dengan loheng
berdua, memang juga tidak ada perayaan imlek, yang ada tahun baru
imlek sebab imlek itu kalender atau penanggalan bulan (lunar
calendar) dan bukan hari raya. Jadi apanya yang mau dirayakan,
memangnya mau merayakan kalender bulan? Siaute juga sampai kini
masih saja heran, kenapa orang-orang suka merayakan imlek, bukan
tahun baru imlek!!! Analoginya, apa orang juga merayakan Hijriah,
bukan tahun baru Hijriah?!! Apa bisa?

Lalu, yang namanya tahun baru imlek ya tahun barunya orang Tionghoa
alias Chinese new year, bukan perayaan agama dan tidak usah dikait-
kaitkan dengan agama dan pake makna spiritual segala. Di seluruh
dunia juga sama, Chinese new year. Sesuai namanya, bahkan orang yang
tidak (secara formal mengaku) beragama pun merayakannya, selama dia
itu masih merasa punya darah Tionghoa yang mengalir dalam dirinya.

Kalau mau dicari makna spiritualnya, sama halnya seperti tahun baru
yanglek (solar), tahun baru baik imlek (lunar) maupun yanglek
(solar) ya tahun baru, yakni menyambut pergantian tahun dari yang
lama ke yang baru. Lalu apa makna spiritual tahun baru yanglek?

Kalau tahun baru imlek mau dikaitkan dengan agama, ya monggo mawon,
ga ada yang larang koq. Tapi kita juga ga usah "maksa" mengaitkan
setiap perayaan Tionghoa selalu dikaitkan dengan agama, sebab memang
ga begitu.

Mengenai warna budaya Tionghoa dalam perayaan tahun baru imlek,
kenapa juga harus dihilangkan, salah apa "dia" sehingga harus
dihilangkan? Analoginya, bilau mau warna budaya Tionghoa mau
dihilangkan, apakah warna budaya Arab juga mau dihilangkan dari
perayaan tahun baru hijriah, dan warna budaya Barat dalam tahun baru
masehi, dst? Apa jadinya?

Mohon maaf kalau ada kata-kata yang kurang sedap (dibaca).

Kiongchiu,
DK

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "boensastra"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Guo Nian, Chun Jie atau Tahun Baru Imlek, Festival menyambut musim
> semi, tapi saat hari raya ini berlangsung justru di Tiongkok sana
> lagi dingin2nya tuh...
>
> saya gak tau yang memberikan 3 pertanyaan imlek itu maksudnya apa,
> tidak dibesarkan di keluarga Tionghoa ato cuma mau memancing
> postingan dari para member ? sampai tidak bisa membedakan imlek
dan tahun baru imlek.

> Boen

> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Skalaras" <skalaras@>

> Imlek disamakan dng perayan agama, pakai makna spiritual dan
> [...]

Kirim email ke