-----Original Message-----
From: budaya_tionghua@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Skalaras

ZFY:
Apakah karena anda merelatifkan baik jahat, benar salah, anda mau menegaskan

invasi Jepang di  Tiongkok, Korea, Indonesia dan  asia Tenggara tidak bisa
dinilai benar salah? apakah pembantaian Nanjing, Romusa dan Yugen nanfu
tidak bisa dinilai jahat?

Prom:
Bisa. Pembantain Nanjing, Romusa, dll, bisa dinilai jahat.
Bisa juga dinilai baik, tergantung siapa yang melihat.

ZFY:
Apakah pembantaian kaum Yahudi oleh Jerman tidak bisa dinilai baik atau
jahat, tergantun sapa yang menang?

Prom:
Bisa dinilai baik atau jahat.
Tergantung siapa yang melihat (bukan tergantung siapa yang menang).

Point yang ingin saya sampaikan bukanlah mengenai emphaty (apalagi sampai
urusan mati wajar atau tidak wajar), tapi adalah memberikan ilustrasi bahwa
kita sering menilai (men-judge) orang lain dengan nilai kita sendiri
(seperti yang dilakukan oleh murid Lao Zi dan Hui Zi dalam kisah dibawah,
ketika mereka berkomentar terhadap Qin Shi dan Zhuang Zi).

Lebih jauh lagi, menilai diri sendiri lebih unggul/lebih baik (atau
mengganggap orang lain lebih jahat), sering dijadikan dasar(atau alasan)
untuk melakukan invasi/penyerangan/pembunuhan.

"Good vs Evil" sering dijadikan alasan berperang. Ironi?

Seperti gambar karikatur dari sebuah majalah Indonesia terbitan tahun 1972,
yang baru saja saya baca.

Digambarkan seorang wanita Vietnam yang sedang duduk sambil melambaikan
tangan. Pertama, dituliskan "Greetings, French Liberators!", kemudian
dilanjutkan dengan "Greetings, Nationalist Liberators!" , kemudian
"Greetings, Viet Cong Liberators!" dimana wanitanya digambarkan semakin
menua, dilanjutkan lagi dengan "Greetings, American Liberators!", lalu
"Greetings, Government liberators!", kemudian ditutup dengan "Greetings,
North Vietnamese Liberators!" dimana wanita nya hanya mampu menekuk sikunya
untuk melambaikan tangannya yang sudah keriput.