Sdr ZFy,

Mungkin ada sedikit kesalahpahaman disini.

Sebelumnya, saya mencoba menanggapi pertanyaan Anda yang seperti ini :
" Apakah karena anda merelatifkan baik jahat, benar salah, anda mau
menegaskan invasi Jepang di  Tiongkok, Korea, Indonesia dan  asia Tenggara
tidak bisa dinilai benar salah?"

Pertanyaannya: "Apakah tidak bisa (dinilai benar salah)?"
Pendapat saya (jawaban saya ) adalah "Bisa!. Invasi Jepang di Tiongkok, dll,
tetap BISA DINILIAI benar salah. Dan untuk menilai benar - salah tentu
tergantung siapa yang melihat"

Nah, jika ternyata Anda ingin tahu pendapat saya, pandangan saya seperti
ini:
Saya, dengan nilai moral saya, tidak pernah suka terhadap
invasi/peperangan/pembunuhan.

Walaupun, sekali lagi, bukan itu point yang ingin saya sampaikan dalam
posting sebelumnya. Supaya tidak berpanjang-panjang, silakan lihat message
yang lalu. Silakan ditanggapi atau direnungkan sendiri, bila perlu.

Sebenarnya akan lebih menarik jika kita bisa membuka diskusi membahas
peperangan ini dari berbagai sudut, diantaranya bagaimana perbedaan
filsafat/orang Timur dan Barat dalam memahami/menanggapi perang. Buku Wages
of Guilt nya Ian Buruma mungkin bisa menjadi opening case yang menarik untuk
mendalami hal ini lebih lanjut.

Prometheus