--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Akhmad Bukhari Saleh"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Kebetulan tidak bercanda Nano-heng. Maksud saya, di dalam ilmu
geologi kata
> "Sunda" mengacu pada jaman ribuan tahun sebelum kata "Jawa"
dan "Sunda"
> (baik Sunda Besar maupun Sunda Kecil) di dalam ilmu geografi.
>
> Wasalam.

yang menarik pertanyaan ilmiah berikut Ahmad heng:

** Dari mana kata "Sunda" yang dipakai dalam artian geologis?

** geolog mana yang menggunakannya pertama kali? tahun berapa?

Saya cenderung untuk percaya, bahwa para geolog yang memakai
kata "Sunda" itu hidup setelah abad 1 dan 2. Saya pernah melihat peta
dunia dari abad X, yang masih agak simple, terutama dalam
menggambarkan wilayah diluar Eropa.

Kata "Jawa" dari "Jawadwipa" sudah dipakai pada abad 1, jadi ribuan
tahun sebelumnya adalah kurun waktu BC, dimana orang Eropa belum
melakukan penyelidikan geologis ke wilayah Asia dan Amerika.

Salam sejarah

Danardono