Saya ingat, yang menulis mengenai system geologis di kepulauan kita
antara lain, adalah Alfred Russel Wallace (1823-1913), terlahir di
Usk, Monmouthshire, Wales.

Alfred heng inilah yang menemukan garis Wallace atau Wallace line,
yang memisahkan Indonesia Barat dan Timur, yang memintas antara
kalimantan dan Sulawesi. Bayangkan kapan beliau ini hidup. Jadi sulit
dibayangkan, kalau kata Sunda, Es u en de a itu sudah diketemukan
ribuan tahun sebelum Majapahit raya.

Boro boro kata Sunda yang berasal dari Pasundan, yang digunakan
sekitar pemerintahan prabu Sri Baduga Maharaja, dari kerajaan Pakuan
Pajajaran. Ini mah di zaman Mahapatih Gajah Mada.

Catetan ti Portugis (Summa Oriental karya Tome Pires) nyebutkeun yén
(1513) Karajaan Sunda téh diparéntah kalawan adil, jalmana jalujur.
Kagiatan dagang Sunda jeung Malaka téh nepi ka Maladéwa.

By the way komunitas Pasundan terletak diwilayah Jawadwipa, alias
Nusa Gandum, yang dikenal pada abad 1.

"From the writings of the Indian scholars we find the mention of
Jawadwipa Hindu kingdom which refers to kingdoms of Java and Sumatra.
Archaeological evidences like Ganesha statue of 1st century A.D. from
the Ujong Kulon National Park are enough proof to show that lots of
Hindu kingdoms indeed existed in Indonesia. This was a time of glory
in the History of Indonesia...."

Salam sejarah

Danardono

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "RM Danardono HADINOTO"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Akhmad Bukhari Saleh"

> geologi kata
> dan "Sunda"

> yang menarik pertanyaan ilmiah berikut Ahmad heng:
>
> ** Dari mana kata "Sunda" yang dipakai dalam artian geologis?
>
> ** geolog mana yang menggunakannya pertama kali? tahun berapa?
>
> Saya cenderung untuk percaya, bahwa para geolog yang memakai
> kata "Sunda" itu hidup setelah abad 1 dan 2. Saya pernah melihat
peta
> dunia dari abad X, yang masih agak simple, terutama dalam
> menggambarkan wilayah diluar Eropa.

> [...]

Kirim email ke