Yang tanya keponakan seorang senior. Yang senior itu bingung juga tuh
mau menjelaskan apa tidak. Saya sendiri juga kadang merasa sejarah itu
terlalu kelam, sampai mau kasih tahu orang yang tanya juga hati-hati,
lihat dulu sudah sanggup terima belum.

Makanya dalam pendidikan Tionghoa itu sebelum seseorang menyelami
sejarah (biasanya 24 sejarah tercatat dahulu), maka orang itu
diwajibkan setidaknya membaca dulu sishu wujing dan karya para filsuf.
Tujuannya adalah agar pemikirannya dan moralnya siap. Sejarah mungkin
cuma tulisan di atas kertas, tetapi hati manusia yang membacanya
memahaminya sebagai kekejaman, kegelapan, tipu muslihat, penipuan,
penguburan fakta, dan keagungan masa lalu.

Hormat saya,

Yongde

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Ulysee" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bilangin aja, itu singkatan Centre of Strategic Indonesian Studies
> (kalau gak salah, heheh, gue kaga hapal sih)
>
> Kelompok studi bergengsi, isine orang-orang pinter,
> katane think thank di jaman Suharto
> separone cino,  getoh, hehehehehhe.......
> kalau mau tahu lebih banyak, suruh masuk aje ke websitenya CSIS.
>
> Kayaknya segitu cukup mencakup keseluruhan yang gue tahu sih, (memang
> gue tahunya cuma segitu tok, hahahaha)
> lu boleh tambahin sendiri, tergantung lu mau nge buai atau ngebuayain
> hihihhi. Sapa si yang tanya?

Kirim email ke