Zaman sekarang yang disebut sudah "modern" ini memang kelihatan sekali banyak
orang yang menonjolkan "membakar patung budha", "meludahi patung budha",
"melemparkan kotoran ke patung budha". Dasar pemikiran mereka mungkin adalah
rasionalitas.

Sisi negatif dari pemikiran seperti itu adalah angkuh, congkak dan terjebak
pada ilusi bahwa "sudah mengerti". Bagi mereka, orang yang menghormati
kayu/batu/semen/kertas/logam rada "kuno" dan tidak masuk logika/rasio. Saking
logis dan ber-rasio nya mereka sehingga istilah tepa selira, saling pengertian
dan toleransi hanya berupa kata-kata kosong belaka.

Belum lagi keangkuhan mereka menghalangi mereka untuk melihat makna filosofis
di balik segala macam penghormatan/penyembahan barang-barang tadi.

Ada yang pernah menegur saya dengan begini "si Gottama memang sudah mati dari
kapan-kapan, tapi setinggi apa hati kamu untuk tidak bersujud di depan sebuah
patung semen ?"

Hormat saya,

Yongde

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ardian_c" <ardia...@...> wrote:

> gong an seperti itu ya banyak, tapi ini kejadian di taiwan, pernah denger ada
> satu kelenteng yg rupangnya/patungnya sering ditaruh perhiasan mahal, entah
> dari emas atau jg dari permata. Uniknya ada org yg "meminjam" perhiasan itu
> utk digadaikan dan hasilnya digunakan sebagai modal, biasanya lewat 1 taon ,
> itu perhiasan ditebus atau diganti yg lebih indah. So itu memang perhiasan
> utk memperindah dan sebagai nilai seni jg perwujudan keyakinan. Tapi dibalik
> itu perhiasan itu jg memiliki fungsi yg lain.
>
> Dalam banyak hal , kita tjoema baca alias membeo termasuk gong an /koan zen.
> [...]

Kirim email ke