From: "ChanCT" <sa...@netvigator.com>
Date: Fri, 18 Sep 2009 10:43:01
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Marga ikut Bapa

Ya, tak usah ikuti sitem Patrilineal atau Matrilineal, jalankan saja mana suka
dan dirasa paling baik. Pemberian nama si bayi yang lahir, sepenuhnya adalah
hak orang-tua bayi. Si Ibu bayi sepenuhnya juga berhak menurunkan marga-nya,
apa salahnya? Bayi yang lahir itu kan turunan dari bapak dan ibu, malah
seringkali si Bayi yang lahir itu betul-betul nurun dan banyak kemiripan sang
IBU. Tentu dalam pertahankan hak, harus dapatkan kesepakatan dari suami. Tidak
usah bertengkar hanya karena memberi nama bayi yang lahir.

Yang saya tahu, itu juga sudah terjadi di barat, juga sudah mulai terjadi di
TIongkok daratan, dimana anak hanya boleh satu-satunya, kalau tetap pertahankan
sistem garis-ayah, dia akan putus dengan hanya anak perempuan satu-satunya itu.
Jadi, untuk keadilan yang lebih baik, bagi IBU juga berhak memberikan nama pada
anak yang baru lahir, gunakan Marga IBU.  Tidak ada salahnya. Mana suka dan
dirasa yang lebih baik saja.

Salam,
ChanCT