Saya sangat tidak sependapat dengan pandangan dibawah.

Tidaklah perlu bagi kita untuk mengkotak-kotakan, melabel-labelkan,
ber-prejudice, men-stereotype kepada siapapun berdasarkan pilihan kata/istilah
yang digunakan. Disamping belum tentu benar, juga tidak bermanfaat.

Perbedaan pemahaman/pengertian/pemilihan terhadap pemakaian istilah cina atau
tionghoa atau yang lainnya, yang muncul dalam diskusi, tidak perlu
ditambah-tambahi dengan segala macam tudingan-tudingan lain.

Prometheus

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, John Siswanto <johnsiswa...@...> wrote:

> Numpang komentar ya...
> Saya punya pandangan tersendiri atas sebutan Tionghoa atau Cina...
>
> 1. Kelompok-kelompok yang menggunakan istilah Tionghoa, biasanya bergaul
> dengan kalangan Tionghoa, dan tidak sulit melafalkan kata "Tionghoa" ; dan
> memahami "suasana bathin" kalangan Tionghoa ; sebaliknya
> 2. Untuk kelompok yang menggunakan istilah Cina, biasanya tidak bergaul
> dengan kalangan Tionghoa, juga kesulitan melafalkan kata "Tionghoa" ; dan
> biasanya tidak perduli dengan "suasana bathin" kalangan Tionghoa.

> [...]

Kirim email ke