Terima kasih banyak atas pencerahannya. Dari penjelasan engko tentang asal mula
kata china. Saya berkesimpulan kata china awalnya bukan sebagai kata hinaan.
Kenapa rekan2 kita yang lain pada sensitif sekali? Mohon pencerahannya sebagai
pertanyaan terakhir saya untuk kasus ini.

From: "henyung" <heny...@yahoo.com>
Date: Thu, 22 Oct 2009 14:58:43
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Sekilas Mengenai Asal Kata China

Ini bukan mengenai cina vs tionghua yah, ini murni sejarah.

Bung Jackson, kata China bukan berasal dari dinasti Qin. Memang di dunia modern
teori yang mayoritas adalah China berasal dari Ch'in dynasty. Kesimpulan ini
dibuat oleh para misionaris yesuit jaman dulu.

Para yesuit itu, menurut pendapat saya sendiri dan juga banyak orang lainnya
yang mendalami sejarah, kurang tepat menyimpulkan demikian. Alasannya adalah:
dinasti Qin usianya terlalu singkat dan ditutupi glamornya dinasti Han. Pada
jaman Qin-Han dunia barat mengenal zhongyuan sebagai "serika" alias negara
sutera.

Kata China berasal dari perbendaharaan kata sansekerta Chin yang memang dipakai
untuk menyebut zhongyuan oleh peradaban hindustan. Kata ini tercatat salah
satunya di kitab mahabarata. Di masa sekarang Chin menjadi Chini dalam
bahasa-bahasa India.

Dari jazirah India Chin mengalami perubahan bunyi menjadi shin di persia dan
timur tengah. Inilah yang kemudian sampai ke eropa dan menjadi China.

Khusus untuk Rusia dan Eropa Timur, isitlah Cathay lebih populer dari China.
Cathay merujuk ke Qidan, suku bangsa yang mendirikan dinasti Liao dan dinasti
Xi Liao. Dalam bahasa mongol Qidan dilafalkan menjadi Kitai. Dari bahasa mongol
istilah Kitai masuk ke perbendaharaan bahasa Rusia.

Hormat saya,

Yongde
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, jackson_ya...@... wrote:

> Sependapat pak. Terima kasih kepada kekaisaran CHIN yg mempersatukan  CHINa
> Teruuusss...!

Kirim email ke