Bung Yongde permisi tanya,

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "henyung" <heny...@...> wrote:

> Kata China berasal dari perbendaharaan kata sansekerta Chin yang memang
> dipakai untuk menyebut zhongyuan oleh peradaban hindustan. Kata ini tercatat
> salah satunya di kitab mahabarata. Di masa sekarang Chin menjadi Chini dalam
> bahasa-bahasa India.

Kata "Chin" dalam bahasa sansekerta ini berasal darimana? maksud saya, mengapa
mereka menggunakan 'chin' utk menyebut zhongyuan?

Saya coba lihat periodisasi waktu peradaban hindustan (indus valley) antara
3000-1200 SM memang jauh mendahului munculnya dinasti qin thn 221 SM. Sementara
diantara 3000-1200SM tersebut, yang ada adalah dinasti purba Xia (2000-1600SM)
dan Shang (1600-1046 SM) (CMIIW).

Terima kasih atas penjelasan dan pengajarannya. Kalau pertanyaan ini ternyata
sudah pernah diajukan beberapa waktu yg lalu oleh member lain (dan sudah
dijawab juga), saya mohon maaf atas pertanyaan ulang ini.

salam,
jimmy

Kirim email ke