--- Pada Jum, 9/7/10, ??? <ayam_o...@yahoo.com.sg> menulis:

Dari: ??? <ayam_o...@yahoo.com.sg>
Judul: Re: Bls: [budaya_tionghua] Event Budaya Tionghoa
Kepada: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Tanggal: Jumat, 9 Juli, 2010, 7:11 AM

heheheheh betul betul betul (gaya upin ipin)
sepertinya memang teori Dongson Culture yang dikatakan bung Azura Mazda
lebih mendekati kenyataan walau kita masih tidak bisa membenarkan 100%
karena sejarah hanyalah art, kita menggabung-gabungkan penginggalan
sejarah yang ada kemudian menganalisis kemungkinan yang paling mendekati
kebenaran.. kecuali kita bisa masuk mesin waktu kemudian melihatnya
sendiri hehehe

tapi bung Khaidi Wong, mungkin bisa dibilang tidak salah sepenuhnya
juga.. tapi yang dimaksud bung Khaidi itu adalah Tionghua yang mana..
karena Tionghua juga berbagai suku bangsa.. tidak semua Tionghua
berkulit kuning/putih dan bermata sipit semua, dan jaman dahulu wilayah
Yunnan belum masuk Zhongguo.. masih berupa kerajaan sendiri, kalau
menurut beberapa peneliti (bisa salah dan bisa benar) kemungkinannya
adalah wilayah Yunnan dulu sebelum bernama Yunnan adalah kerajaan Dali.

jadi waktu terjadi eksodus penduduk "Yunnan" ke daerah lain, nama
daerahnya belum Yunnan dan mereka saat itu belum masuk ke dalam
Tiongkok, sehingga saat mereka pindah itu belum jadi Tionghua..

malah bingung ya? hahahahha

tapi lama2 soal ras ini sudah makin bingung karena makin lama sudah
makin jarang ras asli.. makin ke sini makin banyak percampuran ras
antara misalnya korea-swedia, tionghoa-inggris, jawa-belanda,
sunda-jerman, dan lain sebagainya..

seperti Kimora juga sebetulnya ras apa kan kita juga bingung..
diharapkan untuk masa depan perbedaan ras itu sudah tidak ada lagi,
karena pembedaan ras itu sebetulnya produk jaman kuno yang mungkin tidak
cocok dan tidak trendy lagi di masa kini

Salam,

Lauw Ong Bun

Azura-Mazda wrote:

> Wahai Sdr. Wong (ga pake gendenk),
>
> Dari mana anda punya hak untuk mengklaim "kepribumian" anda?
> Siapa yg memberi anda hak klaim tersebut?
>
> Apakah karena leluhur anda kebetulan pernah berburu di sebuah
> wilayah hutan, sehingga anda berpikir bahwa hutan itu milik anda?
> Sehingga anda merasa bahwa anda pribumi di wilayah hutan itu?
>
> Apa karena leluhur anda kebetulan melihat seonggok gunung
> dan kemudian anda berpikir bahwa gunung tersebut adalah
> milik anda?
>
> Saya tidak setuju kalo dibilang Melayu itu berasal dari Yunan.
> [...]

Kirim email ke