On Wed, 20 Apr 2005, muhammad catur Rahmatullah wrote:
> Ya, saya setuju dengan Anda.
> Oleh karena itu katanya ada program registrar-registry yang akan
> dijalankan, kenapa bukan itu yang dirembug gimana supaya berjalan
> sukses, kalau saya lihat banyak topik yang perlu dibahas agar bisa
> berjalan dengan baik, tapi malah kelihatannya sodok-menyodok
> mempertahankan hal-hal yang saya kira  malah tidak mensukseskan
> program tersebut atau mungkin ada pihak-pihak yang sengaja tidak ingin
> sukses program tersebut ?

Menurut saya diskusi disini bukan tidak ingin mensukseskan program itu,
namun ingin agar program itu bisa berjalan lebih baik.
Mudah mudahan pada beberapa bulan mendatang kita bisa melihat perubahan
yang lebih baik lagi.

Memang urusan internet di Indonesia selalu berubah sejalan dg perubahan di
dunia Internasional. Kondisi ini merupakan ciri dari adanya keadaan
dinamis dari komunitas Internet di Indonesia.

Menurut hemat saya, sebenarnya kondisi itu modal yg penting. Karena hanya
pada kondisi dinamislah maka kita selalu dapat memberikan repson terhadap
perubahan yg datang dari dunia Internasional. Walaupun perubahan di dunia
Internasional itupun salah satunya dipengaruhi oleh perubahan perubahan
pemakaian Internet di tiap negara (seperti munculnya kebutuhan tulisan
cina atau jepang dan arab dimasukan ke dalam url, kebutuhan alokasi ip
v4 yg lebih ketat karena sudah terbatas dll) selain juga dipengaruhi oleh
adanya perkembangan Ipoleksosbud-nya di masing masing negara.

Salam,
-Marno-

Kirim email ke