Salam sejahtera,

Salam kenal untuk Pak Sammy. Maaf Pak, baru kenalan langsung mau
tanya...hehehe...abis anda seperti selebritis ;-)

Pada KM 21 tersebut di bawah, tidak pernah disebutkan pasal 54 ayat 2
dan 3 dijadikan satu. Pengelola Domain adalah PDTT-ID. Pengelola IP
adalah Pengelola Nomor IP. Tidak pernah disatukan.
Termaktub dalam pasal 55 juga, pasal 1 dan 2, tidak pernah disebutkan
bahwa pengelolaan domain dan IP adalah satu lembaga. Hanya disebutkan
tentang PDTT-ID tanpa menyebutkan Pengelola Nomor IP.

Anyway, saya belum mendapat penjelasan tentang KM 21 tersebut, tentang
apa yang dimaksud sebagai "Lembaga domain internet dunia". Apakah itu?
Saya rasa KM 21 bisa dibatalkan kalau memang tidak sesuai. Dan itu
berarti pengadilan yang akan berbicara (entah pengadilan mana yang
berhak untuk memutuskan tentang hal tersebut).

Saya kok merasa, isi dari KM 21 agak sedikit "berbeda" dengan yang
termaktub dalam RFC. Ataukah kita (sebagai pengguna internet) sudah
melupakan tentang apa itu RFC?

Maaf, saya bukan anggota APJII, atau asosiasi apapun di Indonesia. Jadi
kalau ndak dijawab ya ndak apa-apa. Anggap saja saya pengguna internet
yang bisa dimasukkan dalam golongan rakyat jelata yang masih newbie.
Jadi harap jangan dibentak-bentak, apalagi sampai keluar RTFM ;-)

Salam hormat dan semoga sukses selalu,
-k

Kirim email ke