To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Saturday, August 13, 2005 7:46 PM
Subject: [ccTLD-ID] Pak Sammy, harap jangan ikut campur urusan TAP

Yth pak Sammy Pangerapan,

Kalau pak Sammy mau berkomentar atas nama APJII, dan membela keinginan APJII
mendirikan yayasan IDNIC, saya persilahkan.
Tapi, kalau mau membela TAP, jangan. Ini urusan antara ISOCID sebagai salah
satu "stakeholder" dari rencana "yayasan IDNIC", yang ingin meminta
pertanggungjawaban TAP sebagai pemrakarsa ide yayasan tersebut.

Hal ini sangat legitimate karena TAP kami temukan telah terbukti melanggar
asas-asas yang ditetapkan oleh organisasi pusat kami, yakni ISOC
International, yang menekankan transparency dan freedom of speech.
Berdasarkan Code of Conduct ISOC, kami WAJIB mempertanyakan penggunaan nama
ISOC maupun ISOCID tanpa menjunjung tinggi kedua asas tersebut.

Jangan sampai APJII ribut dengan ISOC gara-gara seorang TAP, ga worth it
pak.
APJII pengen menjalankan pengelolaan domain .id, kami juga tidak menyalahkan
karena asosiasi pengusaha, memang wajarnya cari keuntungan. Tapi karena
ISOCID sudah terlanjur dilibatkan, kami inginnya semua transparan dan semua
keraguan terhadap integritas seseorang harus diselesaikan langsung oleh
orang tersebut.

Jadi sekali lagi pak, mohon jangan berdiri sebagai pembela TAP, kecuali
bapak dalam status pengacara TAP.

salam,

Irwan Effendi

salam,