On Thu, Sep 08, 2005 at 04:45:27PM +0700, Endy Washipa wrote:
> *** Pertanyaannya : Apakah IANA/ICANN sudah tahu tentang proses redelegasi
> ini dari kedua belah pihak (pihak yang didelegasikan dan pihak yang
> mendelegasikan) untuk domain .ID?

Mereka sudah tahu.
Kominfo dan saya, masing-masing, sudah memberitahu.

> *** Pertanyaannya : Sampai kapan problem dalam pengoperasian domain .ID
> diperbolehkan mengatung seperti ini oleh IANA/ICANN ? Pak Budi mungkin sudah
> ada gambaran mengenai hal ini. Nah, kira2 bisa ngga yah bermodalkan 2 rule
> dari IANA/ICANN di atas, pengoperasian Domain .ID bisa di 'revoke' dan
> diserahkan kepada TLD Manager yang mampu ?

He he he. Untuk yang ini, jawabannya bisa politis dan berbelat-belit.

Saya sendiri sudah ingin cepat2 menyerahkan kembali mandat saya ke IANA.
Pemahaman saya, baik Kominfo dan APJII masih ingin mandat ini saya
pegang dulu sampai Yayasan terbentuk.

Ada berbagai alasan/skenario yang terpikir oleh saya.
Kominfo belum siap sehingga tidak mau memburu-buru saya.
APJII tidak mau saya cepat-cepat memberikan ke Kominfo, karena bisa2
nanti dipegang terus oleh Kominfo dan tidak dilepaskan ke Yayasan.
Jadi mereka takut-takut juga kalau mandat saya lepaskan sekarang.
Dengan dibuat seperti sekarang ... status quo, masih saya pegang,
akan lebih aman bagi keduanya. Tentunya buruk bagi saya :(

Saya sudah nggak tahan dengan situasi yang tidak menentu
seperti saat ini :(
[Jadi bukan rekan-rekan saja yang sebel. Saya pun.]
Pasti nanti dituding ndak mau melepaskan, padahal justru sebaliknya.

Apakah sebaiknya saya lepaskan sekarang saja? Saran?

(Ada juga pandangan lain, jika saya lepaskan sekarang makan .ID akan
betul2 vakum tergantung kepada IANA dan memalukan. Biarin aja kali ya?
Ada lagi yang memberikan pandangan bahwa selama saya yang masih pegang
sebetulnya hak masih ada di saya. Jadi saya masih bisa menentukan arah
pengelola yang baru - padahal saya sudah tidak berminat.
Inti dari kesemua ini adalah: enak di banyak orang, gak enak di saya.)

Begitu ...

-- budi

Kirim email ke